Home » , , » Mimipiku : Menjadi Penulis Hebat!

Mimipiku : Menjadi Penulis Hebat!

Pada postingan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan saya dalam menapaki dunia penulisan. Selain itu ada sedikit informasi yang aga penting yang mungkin akan bermanfaat bagi teman-teman. Silahkan mulailah membaca. Terimakasih.

Waktu Masih Di MAN 2 Wates
Sekitar 3-4 tahun yang lalu, waktu saya masih sekolah di MAN 2 Wates ada berbagai macam ekstrakurikuler. Diantaranya adalah ekstrakurikuler Jurnalisme atau apa namanya saya juga lupa tapi intinya tentang belajar menulis artikel. Namun sungguh sangat disayangkan, waktu itu saya malah ikut ekstrakurikuler Kaligrafi. Karena pada saat itu saya belum menyukai dunia penulisan.

Selang beberapa bulan kemudian sekolah kami mulai menerbitkan sebuah majalah sekolah yang isinya adalah karya tulis teman-teman dan guru saya. Teman-teman yang hasil karya tulisnya diterbitkan tersebut juga mendapatkan bayaran.

Tertarik Menulis

Hemmm.... pikiran saya mulai berubah, saya mulai merasa tertarik untuk menulis karena ada bayaran yang akan saya dapatkan tentunya. Dan mencoba-coba menulis. Namun ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Untuk menggerakan pensil untuk menulis satu kalimat saja sungguh berat melebihi beratnya saat mengangkat satu sak semen. Huhf... Sulitnya minta ampun. Padahal sudah ada di pikiran, namun tetap tak bisa tertuang dalam secarik kertas.

Ketertarikan itu pun tak pudar begitu saja setelah saya merasa kesulitan dalam menulis. Saya pun meminjam sebuah buku di perpustakaan tentang kiat-kiat menulis cerpen dan novel (maaf lupa judulnya). Isinya sungguh luar biasa menurut saya pada saat itu. Karena di dalamnya ada langkah demi langkah dan apa saja yang harus dilakukan dan apa yang seharusnya tidak dilakukan untuk menulis cerpen yang baik. Bahkan dalam buku itu disertakan contoh tulisan yang bagus dan yang tidak bagus.

Namun lagi-lagi saya berhenti pada dua atau tiga kalimat awal tulisan karena merasa tulisan saya aneh, jelek, tidak menarik dan lain sebagainya. Sejak saat itu saya hanya sesekali saja mencoba menulis beberapa bait puisi.

Mulai Belajar Menulis Melalui Blog

Setelah sekian lama akhirnya saya mendapatkan pekerjaan di STIE IEU Yogyakarta. Di Kampus tersebut saya sangat bersyukur karena sudah ada fasilitas internet. Dari situ lah saya mulai mengenal blog. Dengan mengetahui manfaat blog yang begitu banyak, salah satunya yaitu sebagai tempat untuk kita berlatih menulis meskipun hasil tulisan kita sejelek apapun akan tetap bisa diterbitkan dan dibaca banyak orang dan gratis, saya pun tertarik dan untuk menggunakannya sebagai tempat saya latihan menulis.

Mulai saat itu saya mempunyai pemahaman bahwa dalam menulis bukan soal uang yang akan kita peroleh, namun lebih kepada manfaat yang akan di peroleh para pembaca tulisan kita. Sehingga saya mnulis berdasarkan pengalaman saya yang mungkin akan memberikan manfaat kepada orang lain. Saya tidak lagi berharap mendapatkan upah untuk setiap artikel saya. Sudah suatu kebahagiaan tersendiri dalam hidup saya jika ilmu yang saya miliki bisa saya bagikan kepada teman-teman melalui tulisan-tulisan saya tersebut.

Meskipun begitu, bukan berarti saya puas dengan memiliki blog saja. Keinginan agar tulisan saya lebih bagus dan lebih banyak lagi yang membaca tetap tersemat dalam hati saya.

Mengikuti Lomba Penulisan : Beasiswa dari Sekolah-Menulis Online (SMO)

Setelah beberapa bulan kemudian saya mendapatkan informasi bahwa ada beasiswa bagi kita yang ingin belajar menulis. Beasiswa tersebut adalah kali kedua yang diselenggarakan oleh SekolahMenulisOnline.com pada Juli 2008. Kesempatan emas itupun tak aku sia-siakan. Namun ternyata bukan aku pemenangnya.

Setelah lama menunggu adanya beasiswa dari SMO sambil terus belajar, akhirnya kesempatan itu ada lagi dan dengan peraturan yang lebih ribet dari yang sebelumnya. Namun tak apalah toh nanti kalau saya berhasil saya juga yang senang. Saya pun ikut dalam lomba tersebut. Pada kali kedua yang saya ikuti ini ada dua tahap seleksi. Pada tahapan pertama nama saya muncul dalam daftar yang masuk untuk ikut seleksi tahap ke-2. Namun sayang, seleksi berikutnya saya gagal.

“Kenapa ini kembali terjadi? Apa yang salah?” Saya tengok kembali tulisan yang saya kirim. Ternyata memang benar, saya belumlah layak untuk berada di SMO. Masih ada kesombongan, keegoisan dalam setiap tulisan tersebut. Yang tadinya saya pikir itu adalah kata-kata untuk menunjukkan kepercayaan diri ternyata itu lebih pantas di sebut sebagai kesombongan belaka. Yang tadinya saya anggap sebagai tulisan untuk menunjukkan ketulusan dalam menulis ternyata lebih layak disebut sebagi keegoisan. Kenapa bisa begitu? Mungkin karena waktu itu saya masih menulis tergesa-gesa dan sudah merasa puas padahal belum berhasil.

Okey! Mungkin memang belum saatnya.Pikir saya waktu itu untuk menenangkan diri sendiri. Yang harus saya lakukan sekarang adalah terus menulis dan membagikan informasi bermanfaat di blog. Dan saya harus memperbaiki kesalahan yang terjadi sebelumnya.

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Waktu terus berlalu. Hingga akhirnya sekarang saya mendapatkan informasi lagi bahwa ada sebuah buku yang DAHSYAT tentang dunia penulisan. Buku itu adalah karya Pak Jonru yang selama ini juga memandu saya melalui tulisan di websitenya juga melalui ebook gratisnya. Buku ini akan mengajarkan kita bagiaman caranya menjadi penulis hebat dan menjadi penulis yang sukses dengan lebih mudah dan cepat. Buku tersebut adalah CARA DAHSYAT MENJADI PENULIS HEBAT. Buku inilah yang selama ini saya butuhkan. Karena melalui buku tersebut, kita akan di pandu agar menjadi lebih produktif, lancar dalam menulis, percaya diri, memiliki motivasi yang kuat, tangguh menghadapi berbagai penlokan naskah, sukses menembus media dan menerbitkan buku serta mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa, disukai dan selalu dinantikan oleh para pembaca.

Sekarang ini buku tersebut masih berupa ebook dan belum ada versi cetaknya. Ada beberapa penawar yang menarik pada versi ebook ini. Diantaranya harga ebooknya hanya Rp 49.500, dan setiap pembeli mendapat voucher diskon Rp 200.000 dari SMO. Waw!! menarik sekali, kan? Diskon tersebut merupakan diskon yang PALING BESAR yang pernah di berikan dan masih banyak keuntungan lainnya yang bisa kita dapatkan.

Masih kurang yakin dengan manfaat dan isi buku tersebut? Silahkan baca informasinya dan download 3 Bab (25 halaman) Buku tersebut secara GRATIS! dengan KLIK DI SINI. Teman – teman juga bisa gabung di Fan Page-nya KLIK DI SINI atau Twitternya di http://www.twitter.com/penulishebat.

Sekian dulu cerita dan informasi dari saya semoga bermanfaat. Sampai jumpa lain waktu.

Terus semangat unuk berbagi!!! Dan Jadilah Penulis Hebat Yang Sukses!!

Share this article :

4 komentar:

  1. Wah, perjalanannya cukup panjang juga ya mas.
    Ajarin saya cara menulis yang baik dong

    BalasHapus
  2. @belajar buat web,,, kalau mau belajar cara menulis bisa di : http://www.webmerdeka.com/amember/go.php?r=35&i=b1 dan http://www.webmerdeka.com/amember/go.php?r=35&i=l1

    BalasHapus
  3. Waktu itu ikutan lomba juga ya di Penulis Hebat?
    Ini tulisannya?

    BalasHapus
  4. @yesi...

    iya, itu tulisannya.... hehehe

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.

Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).

Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.

Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongi.


Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi. :-)

FeedGratis berlangganan artikel via RSS FEED

Dapatkan! update dari artikel terbaru kami,langsung ke Email Anda!




 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Maz Agus Ngeblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger